Jumat, 11 Januari 2013

SEKOLAH(PERANGKAT PEMBELAJARAN)



Tips dan Triks menghadapi Akreditasi Sekolah

Tips dan Triks menghadapi Akreditasi Sekolah - Akreditasi seringkali menjadi momok bagi warga sekolah. Proses yang berulang setiap 4 tahun sekali (dulu) dan kini setiap 5 tahun sekali ini, seringkali menjadi kekhawatiran dan perjuangan panjang bagi sekolah. Hal ini terkait dengan banyaknya perangkat administrasi dan bukti fisik yang harus disiapkan.


Jangan takut Bapak Ibu Guru,,Berikut ini kampus-info ada beberapa trik dan tip untuk menghadapi akreditasi sekolah :


A. Persiapkan administrasi mengajar guru minimal 2 bulan sebelumnya, sehingga maksimal 1 minggu sebelum akreditasi, perangkat sudah terkumpul.


1. Perangkat yang harus disiapkan : Silabus dan RPP dari tapel 1 tahun terakhir dan tpel yang sedang berjalan. RPP dari Tapel yang berjalan harus ada perbedaan walaupun sedikit, dengan tapel sebelumnya untuk menunjukan perbaikan.

Semua silabus dan RPP yang diakui hanya yang sudah ditandatangani guru dan kepala sekolah, serta telah distempel.


2. Perangkat mengajar dipisahkan antara silabus, RPP, Pemetaan SK-KD, Pemetaan materi dll, karena akan dihitung porsentasenya.


3. Untuk perangkat penilaian, usahakan guru selengkap mungkin membuatnya mulai dari daftar nilai, KKM, analisis UH, contoh soal, program kerja dan pengayaan, bukti tugas terstruktur dan tidak terstruktur serta UH siswa yang sudah diberi umpan balik oleh guru dan orang tua siswa serta mendapatkan tanda tangan dari orang tua.


4. Untuk akreditasi A, minimal 90% dari guru atau mapel pada semua tingkatan harus sudah mengumpulkan perangkat di atas ( yang dihitung hanya yang sudah memenuhi persyaratan).

B. Persiapkan bukti fisik untuk 8 standar pendidikan yakni :


1. Standar isi : KTSP, pemetaan SK-KD, pemetaan materi dll yang menyangkut KTSP

2. Standar proses : Silabus model terbaru, RPP model terbaru, Pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan pengawasan, tindak lanjut dll.

3. Standar kompetensi lulusan

4. Standar Pendidik dan tenaga kependidikan

5. Standar sarana prasarana

6. Standar pengelolaan

7. Standar penilaian :

8. Standar pembiayaan


C. Persiapkan semua bukti fisik yang memungkinkan termasuk:


1. Foto, CD, hasil karya siswa,

2. Daftar hadir: daftar hadir harus ada untuk semua kegiatan di sekolah, baik rapat, kegiatan OSIS, workshop, lomba, pelatihan, bahkan sampai ke daftar hadir upacara.

3. Dokumentasi lomba, kegiatan, notulen rapat, nota, kuitansi , surat tugas, ekspedisi, sertifikat, berita acara dll. yang terkait, harus disiapkan.

4. Semua kegiatan baik akademik dan administratif harus sudah diprogramkan sebelumya, yang dibuktikan dengan program kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan dilanjutkan dengan laporan dan tindak lanjut kegiatan.

5. Semua standar bukti fisik semua standar sudah direkap, dan dihitung persentase masing-masing komponen sebelum akreditasi dimulai sehingga penilai tinggal mencocokkan saja (tidak perlu menghitung lagi). Angka harus didukung oleh bukti fisik. Sekali lagi, untuk akreditasi A, usahakan bukti fisik yang memenuhi persyaratan hingga 90 %.

6. Pilih Penjawab yang telaten, dan mau kerja keras sehingga bisa mengumpulkan bukti fisik lebih banyak. Dua atau Satu hari sebelum akreditasi atau malam sebelumnya, semua bukti fisik sudah terkumpul, sudah direkap dan sudah dipersentase.

3. Paginya tinggal Siap untuk di akreditasi.

Itulah berita dan juga informasi terbaru yang kampus-info berikan kepada anda semua. Semoga artikel Tips dan Triks menghadapi Akreditasi Sekolah bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan dengan cara share dibawah ini.

RPP Berkarakter SMP/MTs


kumpulan RPP Berkarakter untuk SMP/MTs. Berikut ini yang bisa anda download di bawah ini :

1. Bahasa Indonesia ,
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

2. Matematika 
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

3. Bahasa Inggris 
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |


4. IPA Terpadu
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

5. IPS Terpadu
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

6. PKN 
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

7. Penjasorkes
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

8. Seni Budaya 
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

9. TIK 
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |

    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

10. PAI 
    Kelas 7 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 8 | semester gasal | semester genap |
    Kelas 9 | semester gasal | semester genap |

RPP Berkarakter SMP/MTs

Beberapa kumpulan RPP Berkarakter dari berbagai mata pelajaran,,bagi bapak ibu guru yang mapelnya belum terpenuhi jangan sungkan untuk meminta disini dengan cara berkomentar di kotak komentar.


Tata Cara Menyusun Silabus

Tata Cara Menyusun Silabus - Semua Guru diwajibkan membuat atau menyusun Silabus. Bagi bapak ibu guru atau para mahasiswa jurusan pendidikan, maka menyusun silabus adalah tugas utama seorang guru. Namun kenyataannya banyak para guru atau mahasiswa yang merasa kesulitan untuk menyusun silabus.

Tata Cara Menyusun Silabus

Apakah Silabus itu ? sebuah silabus memberikan fokus mengenai apa yang harus dipelajari, serta penjelasan mengenai bagaimana konten harus dipilih dan disusun. Jadi apabila seorang pengajar akan memberikan materi pembelajaran atau melaksanakan kegiatan belajar mengajar, maka harus mempersiapkan silabus agar dapat memberikan alur yang jelas dan pasti bagi peserta didik tentang materi yang diberikan beserta kemampuan yang harus dicapai.

Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses menyatakan bahwa silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran/tema pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Perkembangan silabus yang baru, harus memasukkan unsur pendidikan karakter di dalamnya, serta direncanakan untuk dimasukkan sebagai nilai-nilai perilaku yang harus ditanamkan kepada siswa. Mengapa nilai-nilai perilaku? Karena karakter sendiri berarti nilai-nilai yang melandasi perilaku manusia berdasarkan norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat, dan estetika. Menurut Koesoema (2007) dalam bukunya yang berjudul “Pendidikan Karakter”, memberikan gambaran tentang karakter sebagai berikut:

Istilah karakter dianggap sama dengan kepribadian. Kepribadian dianggap sebagai ciri atau karakteristik atau gaya atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan, misalnya keluarga pada masa kecil, dan juga bawaan seseorang sejak lahir.

Pendidikan karakter berarti suatu sistem penanaman nilai-nilai perilaku (karakter) kepada warga sekolah meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan melaksanakan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga manjadi insan kamil (sempurna). Kaitannya dengan penyusunan silabus, pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai tersebut semakin diperjelas dalam bagian isi silabus. Seperti yang telah diungkapkan oleh Koesoema tentang makna karakter yang dianggap sama dengan kepribadian, maka pendidikan karakter hampir sama pula dengan mengajarkan kepribadian.

Langkah-langkah dalam menyusun silabus :

  1. Petakan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
  2. Pilihlah dan tentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar dengan mengacu atau menggunakan sumber belajar
  3. Merancang kegiatan pembelajaran dengan mengggunakan metode pembelajaran yang sudah banyak digunakan. Buatlah kegiatan pembelajaran tersebut semenarik mungkin dan dapat memotivasi siswa untuk siap belajar.
  4. Tentukan indikator pencapaian agar lebih mudah merancang penilaiannya.
  5. Susunlah penilaian dengan menyertakan teknik yang digunakan, bentuk instrumen, dan berikan contoh soal.
  6. Alokasikan waktu kegiatan pembelajaran. Sesuaikan dengan materi yang akan diberikan.
  7. Masukkan sumber belajar. Sumber belajar dapat berupa buku yang digunakan, CD, kaset, atau website.
  8. Dan terakhir tentukan nilai karakter apa yang harus ditanamkan melalui materi yang diberikan tersebut.

Itulah berita dan juga informasi terbaru yang kampus-info berikan kepada anda semua. Semoga artikel Tata Cara Menyusun Silabus bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan dengan cara share dibawah ini. 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar